Sabtu, 05 Oktober 2013

Bercermin kepada Dharono

Bisnis sepatu boot yang dikelola Dharono bukan usaha pertama yang dilakoninya. Jauh sebelumnya, suami dari Mirawati Supriatna itu memiliki usaha travel. Maklum, sebagai seorang yang hobi melancong, Dharono rajin menulis kisah perjalanan di blog pribadinya www.duniajalanjalan.com di sela kesibukannya sebagai News Producer Global TV.

Pada 2009, seorang pengusaha travel ternama di Jakarta mulai melirik blognya yang kemudian mengajaknya bekerjasama memulai usaha biro travel. Awalnya dia mengaku, membuat usaha tersebut hanya sampingan semata.

Dia menjelaskan beberapa paket perjalanan yang ditawarkan dalam blog tersebut kebanyakan untuk paket luar negeri  seperti tour ke Hongkong, Macau, Kuala Lumpur dan beberapa negara Asia lainnya. Respon pembaca blognya pun antusias dan banyak yang memesan beragam paket yang ditawarkan.

“Awalnya saya bingung bagaimana caranya menghadapi konsumen. Beruntung saya diajarkan oleh partner saya bagaimana mengelola seluk beluk travel,” ujarnya.

Setelah mendapatkan celah bisnis, akhirnya Dharono serius mengelola usaha paket wisata melalui blog. Hasilnya lumayan. Dia pun merasa cara kerjanya tidak begitu berat. “Tapi sayangnya kegiatan ini sering mengganggu jadwal kerja saya di Global TV,” ungkapnya.

Kesibukan menjadi seorang entrepreneur sudah dirasakan Dharono. Dia rela mengundurkan diri dari pekerjaannya yang dilakoninya selama 8 tahun di TV tersebut. Tepat awal 2012, dia resmi membuka travel sendiri dengan menyewa sebuah kios di kawasan Blok M, Jakarta.

Namun, setelah menggeluti usahanya sendiri, dia kelimpungan dalam mengatur pembukuan keuangan.  Maklum, pembukuan yang dipelajari selama ini hanya teori. Akhirnya, dia memutuskan untuk menutup kios dan kemudian menumpang di sebuah tempat milik teman di kawasan Kebayoran Jakarta Selatan dan di rumah pribadinya di Bandung.

Hingga sekarang, lanjut Dharono, pihaknya masih  tetap bermitra dengan pengusaha travel yang telah mengajak kerjasama tersebut. Bahkan, saat ini dia telah melebarkan sayap usahanya bekerjasama dengan beberapa travel di Singapura, Hongkong dan China.

Ayah dari Al Far dan Firmansyah itu sadar betul, hingga kini konsumen banyak membeli paket wisata via online.  Untuk itu, dia berencana membuka kios lebih banyak lagi di Jakarta. Dia kini sudah yakin dan siap mengelola usahanya secara mandiri.

Dharono percaya, konsumen yang sudah banyak memesan paket melalui jasanya akan tetap setia. Terlebih, penjualan via online lebih praktis, cepat dan saling percaya. “Dan dari usaha travel ini saya membuka usaha baru, yang masih sesuai hobi saya, yaitu jualan sepatu boot,” ungkapnya.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

isi komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda