Sabtu, 30 Mei 2009

Yang Penting Sandal Jepit


Siapa yang pake sandal saya? Gak sopan banget sih. Mentang-mentang kuliah di UIN, pake sandal seenaknya saja. Emang ada ya mata kuliah ngambil sandal orang. Ada ya. Berapa SKS? Siapa dosennya? Kapan UASnya. Hebat. Mata kuliah yang aneh.

Bayangin coba. Suatu pagi, aku mau ke air. Mau cuci beungeut. Eh tiba-tiba sandal aku udah ada yang nuker. Sialan. Gak tanggung-tanggung. Mending di tukernya ama sandal yang bagus. Buihhhhh... inimah sandal cewek yang gak gue banget. Aduuhhh. Tobat gusti.

Yang lebih parah lagi, adikku uring-uringan. Ya iyalah so pasti, itu kan sendal baru. Apalagi besoknya mau di bawa ke Tasik ama adik ku. Buset. Kalo ketemu itu orang, udah deh tamat riwayatnya. Aku bakal kesek-kesek ampe penyok. Trus aku bikin dia gepeng kaya martabak bangka. Trus aku bakal bikin dia termehek-mehek. Dan terakhir, aku bakal kasih dia uang buat beli sandal yang baru. Bukan nyolong sandal orang. Tapi sebelum aku kasih itu orang duit. Mending aku beliin dulu kohopi ama rohoko. Enak aja ngasih orang kaya gitu. Caduuuk.

Tapi gak apa apa. Setelah kejadian ini ada hikmahnya juga. Bulan sekarang, di Suaka mengusung tema Sendal Jepit untuk cerpen wajib bulanannya. Yo wis... aku langsung nulis tentang ini. Kan lumayan ada pengalaman dikit. Jadi gak usah rada ngelantur gak karuan buat nulisnya.

Aku punya cerita tentang sendal jepit. Suatu hari ada perlombaan lari. Pesertanya dari tiga negara: Jepang, Amerika dan Indonesia. Perlombaan diadakan di stadion Siliwangi Bandung. Peserta pertama dari Jepang maju kedepan. Sebelum lari, itu orang rada pemanasan dulu. Maklum seorang atlit kan butuh streching dulu biar otot gak langsung tegang.

“oke... ladies and gentlemen. Banyak gadis yang makan permen.” Pembawa acara membuka perlombaan.
“baiklah para peserta yang budiman, sekarang perlombaan akan dimulai. Apa kalian sudah siap semuanya? Cung yang udah siap... ayo berdiri.” Tambah pembawa acara.
Serempak semua penonton langsung beridiri. Padahal yang disuruh Cuma pesertanya aja. Tapi gak tau kenapa para penonton ikut ikutan berdiri. Peserta pertama yang dari Jepang langsung pasang kuda kuda. Tangan menengadah ka tanah. Lutut di tekuk. Bak macan yang mau merontok mangsanya.

Serius!
Aslinya!

Aku lupa ama cerita selanjutnya. Bener bener lupa. Lupa lagi. Tapi gak lupa syairnya. Padahal aku belum pernah denger cerita itu sebelumnya. Bener bener cerita yang membingungkan. Baiklah, demi melanjutkan tulisan wajib yang kudu di tulis tentang sendal jepit ini, aku bakal mulai bener bener berkhayal.

Nah. Suatu hari ada seorang presiden yang mau buang air besar alias berak. Kebetulan sang presiden tersebut lagi kunjungan ke kampus Universitas Islam Negeri Raden Sunan Gunung Djatos (UIN RSGD) Bandung.

“kang Mamat... Belimbing mau buang air besar nih. Aku mual dan mules nih. Tolong dong anter ke kamar mandi.” Kata Susilo Belimbing Yudoyana pada rektor UIN.
“oh tunggu pak Bing bentar, anak buah saya bakal nganter anda.” Jawab Mamat.
“aduh cepetan dong... ini takut kaborosotan nih. Udah mau ngaborojol.” Bentak Belimbing.

Setelah itu datanglah Endun, anak buah Mamat. Dia nganter pak Bing ke kamar mandi. Dan kebetulan seluruh kamar mandi yang ada di UIN ini penuh. Entah kenapa seperti kebetulan saja. Akhirnya Endun melangkah sedikit menuju WC student center.

“pak Bing mending kita ke WC yang di student center aja ya.” Ajak Endun gempar.
“ah ... terserah anda mau student center kek... student government kek... student stupid kek... yang penting aku pengen nabung sekarang juga. Kalo tidak seluruh peralatan bom atom ku bakal meledak disini.” Sahut Pak Bing.

Untung. Wc student center kosong. Dengan gemulainya Belimbing masuk WC. Dibuka celananya dengan tidak pelan pelan. Lalu ia jongkok. Tak lama kemudian terdengar suara dentuman bom yang maha dahsyat, keluar dari arah WC.

“broooot... breeet...bruuut... tuuuuuuuuuuuuuut.”

Mendengar suara seperti itu, Endun langsung bertanya tanya suara apakah itu. Ya, ia semakin penasaran. Apa yang dilakukan Belimbing di WC. Tidak seharusnya dan tidak juga sewajarnya, suara kentut seperti itu. Ini melebihi Volume konser musik Rock sekalipun.

Mendengar suara itu, kontan seluruh sivitas kampus geger. Semua orang berlalu lalang. Ada yang meninggalkan kuliahnya. Ada yang meninggalkan dagangannya. Dan yang lebih parah lagi, semua orang yang sedang di kamar mandi tadi keluar dengan seenaknya, tanpa menyadari ia sedang buang air besar juga. Namun mereka tidak ingat kalo masing masing belum pada cebok dan memakai celananya kembali.

Pikir mereka ada sesuatu yang terjadi di kampus. Mereka ketakutan sampai gak meneruskan acara buang air besar mereka. Setelah itu semua mahasiswi yang lagi nongkrong di berbagai sudut langsung berteriak dan menjerit histeris.
“ada buaya buntung... ada buaya buntung.”

Wow. Sungguh tontonan yang mengasikan bukan.

Sementara di dalam WC. Belimbing tenang tenang saja, seperti tidak tahu kejadian yang menimpa diluar. Padahal sumber masalah ada di WC yang Belimbing pijaki.

PEMBACA yang budiman. Pasti penasarankan bagaimana kisah selanjutnya. Pasti. Udah aku tebak kalian yang membaca cerita ini pasti pengen tau akhir kisahnya. Tapi. Ada tapi nya nih. Aku kan sebagai penulisnya nih. Jadi bebas donk mau nulis apa apa semau aku. Ya intinya aku sebagai penulis yang istiqomah, harus bener bener menepati janji. Kalo di suruh nulis dengan tema Sendal Jepit, ya... sendal jepit lah, jangan ngacapruk pake cerita yang segala. Iya kan?

Baiklah pembaca yang budiman. Karena waktu sudah menunjukan jam setengah sepuluh malam. Saku sebagai mahasiwa harus mulai rajin belajar. Sekarang udah semester delapan. Jadi harus mulai istirahat. Yang jelas tulisan ini setidaknya ada yang nyangkut nyagkut tentang sandal jepit.

Sekarang. Detik ini juga. aku mau meninggalkan Suaka. Otomatis harus mematikan komputernya dulu. Biar ngirit listrik. Pertama, aku mau matikan dulu winamp, kemudian beberapa folder yang terbuka. Setelah itu aku klik Start terus klik shut down.

Kalo komputer udah mati, aku mau cabut listrik lampu terus kunci pintu. Nah, kebetulan di luar gak ada tuh sandal jepit. Aku lupa, padahal di rumah juga masih ada, terus si Nora juga mau ngasih sendal sih, lumayan buat di Suaka. Tapi aku gak mengambilnya, soalnya waktu itu tuh tanggung. Ribet pula kalo bawa bawa sandal segala ke Grand Pasundan.

Ya udah deh sekarang aku pulang pakai sepatu. Sepatu Bot.
Aku pulang yaaaaa. Daaaaaaah.
MALAM MINGGU KELABU 29 MEI 2009
Waiting All Day, No One Here!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

isi komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda